Riset

Kursus

Buku

Mining Workshop in Balikpapan | September 2006

Admin Pantau

Wed, 6 September 2006

Yayasan Pantau bekerjasama dengan The Columbia University Initiative for Policy Dialogue (IPD) akan menggelar ”Mining Workshop” bagi wartawan yang tinggal di wilayah Balikpapan, Banjarmasin, dan Samarinda selama empat hari.

Yayasan Pantau bekerjasama dengan The Columbia University Initiative for Policy Dialogue (IPD) akan menggelar ”Mining Workshop” bagi wartawan yang tinggal di wilayah Balikpapan, Banjarmasin, dan Samarinda selama empat hari. Acara digelar pada tanggal 26—29 September 2006 di Hotel Pasifik, Balikpapan. Instruktur yang akan memandu workshop nanti adalah Keith Slack (Oxfam America) dan Budi Setiyono (Yayasan Pantau). Kami juga akan menghadirkan pembicara tamu untuk membahas permasalahan seputar tambang.



Materi



1. Mining and Development

2. Historical economic performance of mining-dependent countries the "resource curse"; Role of the international financial institutions in promoting mining.

3. Current global economic context and mining

4. Mining revenues

5. Assessing the long-term costs vs. benefits of mining

6. Reporting and Writing

7. Local Issue



Instruktur



Keith Slack — Policy Advisor Oxfam America. USA.

Budi Setiyono, pernah meraih ISAI Award 1997 dalam Lomba Pers Alternatif Tingkat Nasional. Pernah bekerja sebagai wartawan di majalah Gema dan Cempaka Minggu Ini, redaktur Suara Merdeka CyberNews, redaktur majalah Pantau di Jakarta, serta wartawan lepas di berbagai

media. Pada 2003 menyunting buku Revolusi Belum Selesai, kumpulan pidato politik Soekarno yang dilarang semasa Orde Baru, Jurnalisme Sastrawi: Antologi Liputan Mendalam dan Memikat (2005), dan sejumlah buku lainnya.



Peserta



Peserta pelatihan dibatasi sebanyak dua puluh orang melalui proses seleksi. Para kandidat diharuskan mengirimkan satu atau lebih contoh tulisan terbaik yang pernah dikerjakan dengan tema seputar liputan tambang. Tulisan adalah hasil liputan dari lapangan dan tidak bersandar pada sumber literatur semata.



Pendaftaran



Bagi Anda yang berminat dipersilahkan mengirimkan biodata dan contoh tulisan via email

(eva@pantau.or.id) atau alamat kontak kami sebelum tanggal 15 September 2006.



Lain-lain



Kami hanya menyediakan fasilitas belajar dan akomodasi selama workshop. Untuk peserta dari luar Balikpapan akan disediakan penginapannya. Akan tetapi kami tidak menyediakan transport lokal, luar kota, maupun perdiem.

Kontak



Eva Danayanti

Cell. 0817 481 1171

Email. eva@pantau.or.id

Siti

Cell. 08195043057

Email. oakborneo@lycos.com

Yayasan Pantau

Jalan Kebayoran Lama No. 18 CD, Jakarta Selatan 12220

Phone. 021 – 7221031 / 722 1678 ext. 400

Fax. 021 – 722 1055

“Knowledge is a powerful tool that can help brave, ethical journalists address them.”

(Anya Schiffrin, Director of Journalism Program, Initiative for Policy Dialogue)

kembali keatas

copyright © 2013 Yayasan Pantau

by:Admin Pantau