Covering Oil

Editor Svetlana Tsalik dan Anya Schiffrin

Tue, 11 December 2007

BANYAK negara yang kaya sumber daya alam mengeksploitasi dan menggunakan kekayaan alamnya untuk memperkaya sekelompok minoritas, sementara korupsi dan salah kelola membuat rakyat banyak makin menderita.

http://caspianrevenuewatch.org/news/publications/RWI_coveringoil_bin.pdf

Diterjemahkan atas seizin Open Society Institute

Didistribusikan secara terbatas pada September 2006

Cetakan pertama Juni 2007

Diterbitkan oleh Pantau

BANYAK negara yang kaya sumber daya alam mengeksploitasi dan menggunakan kekayaan alamnya untuk memperkaya sekelompok minoritas, sementara korupsi dan salah kelola membuat rakyat banyak makin menderita. Tanggung jawab khusus berada di tangan masyarakat sipil di negara-negera tersebut untuk menekan pemerintahnya agar transpraran dan menggunakan pendapatan itu untuk kepentingan publik.

Buku Covering Oil ini memberikan informasi praktis untuk wartawan tentang industri perminyakan dan dampak bagi negara penghasil minyak. Buku ini menyediakan pula beberapa lembar tips, contoh-contoh cerita, saran bacaan lanjutan, serta daftar istilah yang menyajikan kata-kata kunci tentang keuangan, geologi, dan hukum.

Kami berharap buku ini akan memberikan informasi dan latar belakang yang diperlukan para wartawan untuk membuat tulisan yang mendalam, analitis, kritis, dan informatif tentang energi dan perkembangannya –sebuah subjek yang mempengaruhi milyaran pembaca di seluruh dunia.

Dengan membantu media dan menyediakan informasi tentang persoalan sumber daya alam ini kepada publik, buku ini berusaha membantu mengenyahkan ”kutukan sumber daya alam” yang menghambat pembangunan di banyak negara miskin.*

INFORMASI

Elisabeth Eva 0812-80934947

Khoiruddin 0815-84419200

Yayasan Pantau

Jl. Raya Kebayoran Lama 18CD

Jakarta 12220

Telp/Fax. 021-7221031/021-7221055

kembali keatas