KURSUS NARASI XVII

Thu, 23 February 2017

Andreas Harsono – Budi Setiyono

Jakarta, 5 April 2017 – 16 Agustus 2017

KURSUS ini dirancang buat aktivis, blogger, wartawan, aktivis maupun profesional lain, yang ingin belajar jurnalisme –lakukan wawancara, riset dan verifikasi—agar bisa menulis feature atau komentar. Ia juga berguna untuk mereka yang rencana menulis panjang.

Isinya 16 sesi, setiap Rabu pukul 19.00-21.00 di daerah Kebayoran Lama. Acara mingguan dibuat agar peserta punya waktu mengendapkan materi belajar, membaca, dan mengerjakan pekerjaan rumah di sesela kesibukan kerja. Kursus ditekankan pada diskusi dalam kelas dan latihan.

Satu sesi dirancang dengan berkunjung desa Sarongge, Cianjur, menemui wartawan Tosca Santoso, yang menulis buku Rosidi. Santoso akan mengajak peserta menelusuri kisah dalam buku, melihat Kamp Panembong, wawancara keluarga Rosidi serta menginap semalam di Sarongge.

Agustinus Wibowo, seorang pengelana, sempat kuliah di Surabaya dan Beijing serta berjalan selama 10 tahun di Asia Tengah, juga akan kasih kuliah. Dia menulis bukuSelimut Debu (2010), Garis Batas (2011) dan Titik Nol (2013).

Pekerjaan rumah termasuk mencari dan menajamkan riset, latihan wawancara, liputan di lapangan, serta bikin deskripsi, feature, maupun profil.

INSTRUKTUR

Andreas Harsono, bekerja buat Human Rights Watch, anggota International Consortium of Investigative Journalists, mendapatkan Nieman Fellowship di Universitas Harvard, menerbitkan buku "Agama" Saya Adalah Jurnalisme

Budi Setiyono, sejarahwan, redaktur majalah Historia, co-editor buku Revolusi Belum Selesai yang berisi kumpulan pidato politik Presiden Soekarno serta buku soal penyair A.S. Dharta.

Harsono dan Setiyono menyunting antologi Jurnalisme Sastrawi: Liputan Mendalam dan Memikat

SYARAT DAN BIAYA

Peserta bisa dari berbagai latar belakang disiplin ilmu. Kursus ini diadakan sejak 2001. Ia biasanya diikuti aktivis, wartawan, dokter, pengacara, mahasiswa, dosen, peneliti, chef, manajer dan sebagainya. Biaya kursus 4.5 juta rupiah dan bisa diangsur selama kursus. Ini termasuk buku, bahan bacaan, perjalanan dan penginapan semalam di rumah warga di Sarongge.

Peserta dibatasi 18 orang untuk memudahkan lalu-lintas ide dalam kelas. Peserta diharapkan mengirim biodata dan contoh tulisan agar instruktur bisa mengenal latar belakang dan keperluan masing-masing peserta. Bacaan akan disesuaikan dengan minat peserta.

INFORMASI

Elisabeth Eva

Yayasan Pantau

Jl. Raya Kebayoran Lama 18CD

Jakarta 12220

Mobile 082233043013

Tel. 021-7221031

kembali keatas

by:Imam